Selengkapnya.....

alvininfo.com -  Apa sih resep rahasia agar kita bisa belajar matematika dengan mudah? ternyata kuncinya itu ada di emosi. Proses belajar pada dasarnya adalah proses yang melibatkan emosi, jadi tidak hanya urusan logika saja. Mungkin selama ini kita pikir orang yang pinter dan berwawasan luas itu dingin, pakai logika doang, gak punya emosi tapi pada kenyataannya berbanding terbalik. 

Proses belajar itu dipengaruhi oleh sirkuit di sistem limbik pada bagian otak kita yang merespons ancaman atau hadiah. Sistem limbik ini bertanggung jawab atas banyak hal seperti emosi, perilaku, motivasi dan termasuk juga ingatan jangka panjang. Makanya kalo kamu dapet pengalaman yang menyakitkan, pasti kamu bakalan inget terus. Bahkan kalo kamu ngalamin tragedi yang bikin trauma mungkin aja kamu akan ngebentuk yang namanya flashbulb memory, memori yang begitu kuat dan detail. 


Adanya ancaman atau hadiah membuat kita mengalami yang namanya pembangkitan emosional (kondisi saat kita bergairah, temotivasi dan semangat membara) yang bikin kita makin siaga dan fokus. Untuk bisa bikin belajar itu optimal kita harus mainin emosi ini dengan optimal juga. Kuncinya adalah cari tingkat stres yang optimal untuk diri kamu, disitulah puncak performa otak diraih. Dan ini beda beda untuk tiap orang ya.

Dalam belajar matematika  kamu harus dituntut untuk memiliki keruntutan dalam berpikir. Jika diibaratkan pohon kamu harus mengerti akarnya terlebih dahulu sebelum memahami batang, dahan, ranting dan buahnya tapi yang menarik dari matematika adalah kalau kamu sudah mengerti konsep dasarnya kamu bisa menurunkan sendiri konsep-konsep berikutnya.

Merubah cara berpikir kita dalam melihat matematika


Pemikiran yang baru akan menjadikan hasil yang baru juga, begitulah slogannya. Cara belajar matematika dengan mudah yang pertama adalah merubah kebiasaan cara berpikir kita dalam melihat matematika. Pola pikir dibentuk dari kepercayaan yang ada didalam pikiran kita, maka tanamkanlah pikiran-pikiran yang dapat memudahkan kita dalam belajar matematika. Seperti menganggap matematika itu menyenangkan atau bisa juga dengan sering-sering membaca quotes motivasi di media sosial yang ada kaitannya dengan matematika. Dengan membaca quotes motivasi tentang matematika secara tidak langsung seperti sedang membuat sugesti yang baik pada diri sendiri apalagi kalau emang bener-bener dihayati.

Mencari lingkungan dan membuat suasana baru yang mendukung proses pembelajaran


Apabila sudah memiliki mindset (cara berpikir) yang baik dan benar tentang matematika. Cara belajar matematika dengan mudah yang kedua adalah mencari lingkungan dan suasana yang mendukung proses pembelajaran karena cara kedua ini memiliki pengaruh yang besar terhadap proses pembelajaran. Gampangnya, kalian bisa bergaul atau berteman dengan orang yang senang belajar matematika dan menghindari pergaulan yang dapat membuat kalian malas atau bahkan benci pelajaran matematika. Jangan ladenin temen kalian yang ngomongin guru matematika ngajarnya ga enak, Cuekin aja. Kalo emang gurunya ga enak jelasinnya karena tidak menguasai materi, kalian bisa belajar di sosial media seperti youtube, grup matematika facebook dan telegram.

Memahami konsep materi dan rumus matematika bukan menghafalnya 


Untuk mudah memahami  konsep materi dan rumus matematika, kalian bisa membuatnya menjadi bagian-bagian kecil. Coba perhatikan 083818301227 dengan 0838-1830-1227 lebih gampang yang mana menurut kalian untuk diingat, nah maksud saya buat materi jadi bagian kecil kurang lebih seperti itu gambarannya. Kalian bisa membagi konsep yang rumit kedalam konsep-konsep yang sederhana, agar lebih mudah memahaminya. Usahakan dalam mempelajari materinya terstruktur dan tidak loncat-loncat karena matematika adalah ilmu yang memiliki keterkaitan satu sama lain.

Rajin mengerjakan soal latihan dan tidak takut salah


Setelah memahami konsepnya, rajin-rajinlah mengerjakan soalnya dan jangan takut salah. Semakin sering mengerjakan soal, semakin mudah untuk bisa mengetahui sudah sejauh mana kemampuan kalian dalam memahami materi. Alangkah baiknya mulai mengerjakan soal dari level easy terlebih dahulu lalu bertahap naik sampai ke level HOTS.

Belajar bersama ahlinya


Setelah banyak mengerjakan soal latihan, kalian pasti ngalamin kebingungan pada beberapa soal yang dikerjakan. Solusi dari permasalahan ini kalian bisa mendiskusikannya dengan teman yang memiliki kemampuan lebih dibidang matematika atau bisa dikonsultasikan ke guru di sekolah dan tempat bimbingan belajar kalian. Bisa juga dengan menunda pengerjaan soal yang mengalami stuck, sambil beristirahat kalian bisa mengingat kembali hal yang lupa atau kurang teliti dalam mengerjakan soal tersebut. Biasanya disaat  istirahat sambil mengingat proses pengerjaan soal eh tiba-tiba suka ketemu salahnya dimana dan solusinya bagimana, kalo saya mah.

Refreshing dan Istirahat ketika sudah terasa pusing


Jangan belajar non stop, kasih istirahat, kasih jeda dan juga tidur yang cukup supaya otak kamu tetap segar.  Supaya kamu bisa menikmati proses pembelajaran dan tidak merasa terbebani saat menjalankannya. Ada baiknya jika sudah merasa pusing dalam belajar matematika, mungkin cara untuk mengatasinya kamu perlu jalan-jalan ke tempat yang senang kamu kunjungi atau bisa juga curhat ke temen untuk mengeluarkan semua hal yang terasa berat bagimu.  

Membuat ringkasan hasil pembelajaran


Yang terakhir adalah membuat ringkasan hasil pembelajaran agar ketika kamu lupa, kamu sudah mencatat apa saja hal yang penting. Biasanya yang saya ringkas adalah simpel konsep dari setiap materi dan mencatat kumpulan-kumpulan soal sulit dari setiap materi yang sudah saya kerjakan.